Minggu, 25 Desember 2011

Palasari yang Hidup Kembali

Buku Mahal? Tidak juga jika Anda tahu dimana haru membeli. Jika di Jakarta kita bisa datang ke sentra penjualan buku murah di Kwitang. Nah jika di Bandung, ada beberapa titik penjualan buku murah, paling dikenal adalah Palasari. Disini menjadi surga bagi penggemar buku, sebab buku apa pun yang Anda cari dijamin bakal ditemukan.

Koleksi bukunya beragam mulai dari buku sekolah, kuliahan, berbagai bidang keilmuan, novel, kumpulan cerpen dll.

Pasar Palasari, disebut demikian karena tempatnya meirip dengan pasar tradisional kebanyakan. Di namakan Palasari karena letaknya berada di Jalan Palasari Kota Bandung. Ada sekitar 200 kios yang menjual beragam buku, baik terbitan dalam negeri ataupun buku terbitan dari luar negeri. Cocok jika disebut sebagai lokasi one stop shoping for book!

Selain dikenal sebagai pasar yang menyediakan segala macam buku, pasar yang tidak pernah sepi pengunjung ini juga sangat memanjakan konsumennya dengan harga yang murah. Pengunjung dapat melakukan tawar-menawar harga, sementara penjualnya pun tidak sungkan memberikan diskon. Harga buku yang dijual ditempatnya selalu ada diskon, besarannya antara 20 persen hingga 50 persen.

Inilah yang membuat Palasari tetap eksis hingga saat ini. Para pedagangnya tetap kembali membuka atau merenovasi kios-kiosnya meski beberapa kali terkena musibah kebakaran. Untuk diketahui pasar ini dua kali mengalami kebakaran, yakni tahun 1993 dan tahun 2007 lalu. Separuh dari kios yang ada ludes. Namun kini, geliat penjualan buku murah sudah mulai ramai kembali.

Pada awalnya, pasar buku ini lebih banyak menyediakan buku-buku pelajaran murah bagi pelajar, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Dan sampai kini, konsumen pelajar merupakan konsumen utama dari Palasari. Seiring perkembangan waktu, maka Palasari tidak hanya menjual buku pelajaran saja. Pedagang mulai menjual buku-buku umum seperti novel, majalah buku-buku yang sedang populer saat ini. Untuk buku umum, diskonnya memang tidak terlalu besar.

Selain menjual buku-buku, pedagangnya pun menjual jasa penyampulan buku dengan harga yang sangat terjangkau. Kisaran harganya antara 2 ribu hingga 3 ribu perlembar buku. Namun sekali lagi, ada bisa mendapatkan sampul gratis, karena biasanya setiap membeli buku-buku di Palasari sudah langsung mendapatkan sampul.

Pengunjung pasar buku palasari selain pelajar dan mahasiswa seputaran kota Bandung, juga banyak yang datang dari luar kota seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dll. Bahkan ada pengunjung dari luar negeri yang mencari buku-buku langka karena di Palasari memang terdapat buku-buku yang langka di pasaran. Selain pelajar dan mahasiswa ada juga para profesional yang mencari buku-buku sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Bahkan untuk konsumen mahasiswa, hampir setiap hari selalu saja ada. Karena sudah belasan tahun berjualan, Odang bahkan sudah hapal kapan waktunya mahasiswa fakultas tertentu akan datang sementara dari fakultas atau jurusan lainnya akan datang pada bulan lainnya lagi.

Diktat perkuliahan atau buku-buku kedokteran tidak aneh ditemui di Palasari. Buku-buku lain yang hanya mahasiswa tertentu dapat membacanya pun bisa ditemui disini. Palasari menjadi asset ilmu yang tidak pernah habis di Kota Bandung. Benar-benar one stop shoping !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar