Sabtu, 05 November 2011

Urban Jazz 2011 Bandung @ Hariss


Syaharani, David Naif, Ira Swara, Once Mikel, Ari Lasso dan sejumlah musisi nasional tampil memuaskan publik pecinta musik jazz di Kota Bandung dalam gelaran Magnum Urban Jazz Cross Over. Konser musik menampilkan perpaduan musik jazz dengan genre musik lain.

Syaharani tampil sebagai pembuka konser ini. Musisi jazz nasional ini mampu membuat penonton langsung merangsek mendekati panggung dan berjoget mengikuti irama musik dance dari lagu milik U2 “Elevation”. Elevation dibawakan dengan energik oleh Syaharani yang diduetkan dengan Ronnie, seorang raper.

Raisa Adriana muncul sebagai penampil kedua diiringi para musisi pimpinan Viky Sianipar. Raisa menyanyikan Sweet Disposition ( The Temper trap). Raisa kemudian memanggil Firman. Jebolan Indonesia Idol ini mendapatkan sambutan hangat dengan tembang Ingin Bercinta ciptaan Dany Ahmad.

Karakter vokalnya yang nge-rock, ternyata mampu membawakan lagu ini dengan irama jazz. Lagu Ingin Bercinta , yang aslinya memang lagu rock dibuat terasa mendayu dengan ransemen ulang nada jazz klasik-swing. Benar-benar menyeberang dari lagu aslinya, cross over.

Panampilan berikutnya yang tak kalah energik adalah David, vokalis Band Naif. David yang asli orang Bandung mencoba berkomunikasi dengan bahasa Sunda dan mulai merayu pengunjung wanita dengan medley tiga lagu dari Bruno Mars, Prince dan Suede yang semuanya bertema tentang kecantikan perempuan- Nothi’n On You, Beautiful Ones.

“Lagu tadi untuk perempuan Bandung nu Garareulis (cantik-cantik),”teriak David disambut teriakan histeris penonton perempuan dan tepuk tangan dari sekitar 500 orang penonton yang hadir.

Musisi dangdut Ira Swara menjadi salah satu artis yang ditunggu-tunggu penonton. Terbukti lagu Cinta Satu Malam yang dipopulerkan Malinda diubah total dengan aransemen jazzy yang lembut. Sementara vocal Ira yang manja mampu membawakan lagu ini semakin seksi. Penonton pun tak sungkan-sungkan ikut bernyanyi, ternyata mereka hapal benar lagu dangdut tesebut. Ira melanjutkan dengan tembang milik Pussy Cats Doll, Don’t Cha dan La Samba Primadona yang pernah dipopulerkan oleh Krakatau Band. Seperti saat tampil menyanyikan lagu dangdut, kali ini pun Ira ditemani oleh para dancer berbusana mini menambah meriah suasana.

Musisi pendukung Urban Jazz yang tampil berikutnya adalah Krisyanto, mantan vokalis band Zamrud. Ia berduit dengan Ras Muhamad, musisi reggae menyanyikan lagu rap Bebas, ciptaan Iwa K.

Ras Muhamad masih melanjutkan aksinya, sementara Krisyanto menghilang dan digantikan dengan Firman. Mereka berduet membawakan lagu Bob Marley, 3 Little Bird dan melanjutkannya dengan tembang Price Tag milik Jessie J. Aksi Ras luar biasa. Ocehan rap dan reggae- nya sangat pas dengan aransemen musik cross over dari Viky Sianipar.

Urban Jazz ternyata juga menjadi pertemuan dua mantan vokalis Dewa19 yakni Ari Lasso dan Once Mikel. Ari menyapa penonton terlebih dulu dengan tembang Aku Disini Untukmu yang pernah ia populerkan bersama Dewa19. Usai itu, ia berduet dengan Once membawakan tembang milik The Queen, Becycle. Penampilan keduanya sangat memuaskan dahaga pecinta musik Bandung terlebih bagi penggemar Dewa. Once menyanyikan lagu kedua menjelang akhir konser. Bersama dengan Krisyanto dan Firman, ketiganya membawakan All For One yang pernah dipopulerkan trio Bryan Adam.

David Naif yang kembali muncul berduet dengan Firman menutup panggung Urban Jazz dengan Satisfaction ala Rolling Stone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar