Sabtu, 05 November 2011

Di Jalan Suci, Kaos Kampanye hingga Distro Diproduksi


Jalan Suci atau kepanjangan dari Surapati-Cicaheum sudah puluhan tahun dikenal sebagai sentra produksi kaos oblong. Di Jalan ini ada ratusan kios atau rumah toko yang membuka usaha pembuatan kaos oblong beserta turunannya, seperti pembuatan jaket, spanduk, usaha printing, pembuatan iklan luar ruang dll.

Memasuki kawasan ini anda akan disambut sebuah billboard kecil yang mengucapkan selamat datang di kawasan sentra industri kaos Bandung.

Sentra kaos Suci awalnya usaha yang dirintis sejumlah orang muda kreatif di Bandung. Tak disangka berkembang menjadi sebuah sentra usaha di sepanjang ini .Pemkot Bandung sendiri sudah menjadikan Jalan Suci sebagai salah satu tujuan wisata kreatif.

Salah satu pelakunya, yang juga Ketua Koperasi Perajin Kaos Suci Marnawi Munamah mengatakan industri kaos oblong di Jalan Suci tidak pernah mati. Saat krisis tahun 1998 lalu pun, industri ini tidak terpengaruh banyak, bahkan semakin banyak kios-kios baru yang muncul.

Mungkin karena industri ini tidak perlu memubutuhkan banyak modal dan dapat dikerjakan “ririungan” (gotong royong).

Pelaku industri sablon kaos di Jalan Suci satu sama lain memang saling membutuhkan. Dalam satu kegiatan usaha tidak semua dikerjakan sendiri oleh satu toko. Untuk mengerjakan pesanan besar, mereka bahkan sering kali membagi-bagi pekerjaan.

“Modal untuk memenuhi pesanan tidak semuanya bisa diatasi sendiri, sehingga sering bagi-bagi pekerjaan dengan rekan sesama pengusaha . Ada yang menyiapkan kain, ada yang membuat desain dll,” ujar Marnawi.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 300 orang pelaku usaha kecil yang terus memproduksi kaos oblong. Pesanan tidak pernah berhenti berdatangan. Sebab usaha distro dan factory outlet (FO) di Kota Bandung pun masih terus tumbuh.

Distro dan FO memang memesan pembuatan kaos oblong di sentra ini. Biasanya mereka hanya memproduksi sesuai pesanan karena desain sudah ada dari distro atau FO.

Selain itu, pesanan dari sejumlah perusahaan seperti perbankan dan perusahaan operator telepon juga sering diterima mereka.

Selain pesanan yang rutin diterima dari distro dan FO, ada waktu-waktu tertentu yang membuat produksi kaos oblong di Jalan Suci meningkat tajam. Seperti saat awal masuk sekolah, biasanya banyak pesanan kaos seragam olah raga. Pesanan dari sejumlah kampus juga sering diterima biasanya jelang ospek.

Momen lainnya yang ditunggu adalah datangnya musim pemeilihan kepala daerah. Untuk berkampanye banyak pejabat yang memesan kaos kampanye di jalan Suci ini. Tentunya kualitas kaos yang dipesan tidak sebagus kaos untuk distro atau FO.

Widyarto Wiwied , pemegang merek kaos C59 menyatakan pada momen pilkada biasanya pesanan kaos dapat mencapai jutaan potong. Saat pemilu presiden beberapa waktu lalu saja pesanan kaos partai untuk kampanye diperkirakan mencapai 8 juta potong.Wah!

Harga kaos oblong yang ditawarkan berfariasi sesuai dengan jenis kain dan desain yang dinginkan. Namun untuk kelas kaos partai harga perpotong bisa dibeli 5ribu rupiah, namun dengan jumlah pesanan yang besar, minimal seribu potong.

Selama Idulfitri kemarin pun permintaan kaos dan spanduk mengalami peningkatan permintaan . Tatan Rustandi, Pemilik usaha konveksi Abadi Production mengaku pesnan pembuatan spanduk dan kaso banyak berdatangan dari perusahaan-perusahaan yang akan menyelenggarakan mudik bareng. “Saat puasa, dalam satu hari bisa ada pesanan tiga spanduk.”

Mayoritas pemesan kaos di sentra Suci berasal dari luar kota Bandung karena disini sudah dikenal memiliki harga yang murah dan kualitas yang bagus dibanding kota-kota asal pemesan.

Penyelenggaraan pesta olah raga se-Asia Tenggara, SEA Games, juga sudah dirasakan dampaknya oleh perajin kaos. Bentuknya, berupa aksesoris, seperti boneka, dan kaos souvenir khas Sea Games.

Pemesanan kaos suvenir dan aksesoris itu sudah menjadi kebiasaan setiap kali berlangsung event besar seperti event olah raga skala nasional, pagelaran musik atau kampanye.

Disini, bagi anda yang ingin membuat kaos dengan desain sendiri juga bisa dilayani, minimal pesananannya satu lusin. Soal harga bisa ditawar. Banyak kok yang membuat kaos untuk sebuah komunitas tertentu seperti komunitas motor atau band di Jalan Suci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar