Minggu, 27 November 2011

Beli Jeans di Cihampelas


Dulu, sebelum jalan Dago dipenuhi oleh Factory Outlet (FO) dan Pasar Baru di Jalan Otista direnovasi, pelancong yang datang ke Bandung memilih untuk berbelanja di Jalan Cihampelas. Di jalan ini lah yang menjadi cikal bakal bermunculannya FO dan toko jeans di kawasan Bandung.

Cihampelas dikenal sebagai sentra pertokoan bagi produk celana jeans. Sehingga sering dikenal sebagai pusatnya jeans Bandung. Namun seiring perkembangan Cihampelas juga menawarkan barang dagangan selain jeans.

“Mungkin setelah FO bergeser ke Dago, dan lambat laun ditinggalkan pengunjung, akhirnya toko jeans juga menjual selain jeans, seperti kaos, kemeja , sepatu dll,” ujar Sunaya, tukang parkir yang sudah belasan tahun menguasai lahan parkir di Cihampelas.

Selain munculnya sentra belanja di tempat lain yang menjadi saingan, anggapan bahwa Cihampelas adalah jalan termacet di Kota Bandung, ikut membuat kunjungan ke lokasi ini juga kurang diminati, khususnya pengunjung lokal. Kemacetan di jalan Cihampelas memang sering terjadi terutama saat jam berangkat atau pulang kerja.

Jalan yang tidak terlalu lebar, hanya muat untuk tiga kendaraan berjajar satu arah itu tidak mampu menampung kendaraan yang datang dari arah Jalan Setiabudi atau Siliwangi. Kemacetan akan semakin bertambah setiap kali weekend, hari Sabtu dan Minggu.

“Sejak dulu sampai sekarang, jalan tidak pernah dilebarin, jadi ya selalu macet kalau sore, apalagi hari minggu,” ujar Suryana.

Namun kemacetan yang sering terjadi rupanya menjadi pertanda bahwa Cihampelas masih menjadi salah satu tujuan favorit pelancong yang mampir ke Bandung. Banyak turis asal Malaysia dan Singapura yang masih memilih mencari jeans di sini.

Cihampelas kini juga semakin padat dengan munculnya sejumlah hotel dan mal Cihampelas Walk (Ciwalk).

Namun hingga saat ini ciri khas sentra perdagangan jeans Cihampelas masih tetap dipertahankan, yakni memasang patung-patung super hero di pintu masuk toko atau diatas bagunan toko. Patung super hero itu dipajang sesuai dengan nama tokonya. Seperti toko jeans Aladin, maka diatas bagian depan ruko patung Aladin berukuran besar dipasang. Selain Aladin, sejumlah tokojuga memasang patung super hero lain seperti

Tokoh super hero yang masih terus bertahan diantaranya Superman, Cat Women, dan Spiderman. Selain menggunakan nama super hero, toko di Cihampelas juga sering dinamai dengan hal-hal yang unik sehingga terkesan tidak biasa. Satu yang masih tetap bertahan adalah toko jeans Korek Api Jeans.

Toko-toko jeans tersebut masih tetap bertahan meski terus bermunculan toko baru lain di jalan Cihampelas. Selain bermunculannya toko-toko baru yang lebih gaul dan menawarkan pakaian yang up to date, khususnya bagi kalangan remaja gaul, toko-toko super hero itu pun harus bersaing dengan PKL penjual kaos khas Bandung.

Belasan PKL itu menjual kaos dengan harga sangat murah mulai dari 10 ribuan per buahnya. Mereka menggelar dagangannya tepat didepan toko.

Namun meskipun macet, Cihampelas masih tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal atau asing yang berkunjung ke Kota Bandung. Sebab , dijalan ini, pengunjung akan dimanjakan dengan tersediannya toko-toko jeans murah, mal dengan kafe untuk hang out , restoran, toko oleh-oleh khas Bandung dan hotel dengan harga miring.

Selain itu bagi warga Jakarta, berkunjung ke Cihampelas sangat mudah dijangkau. Sebab sejumlah travel membuka kantor cabangnya di jalan ini.

1 komentar:

  1. saya punya toko online, saya ingin jadi reseller celana jeans Bandung dari anda, berapa kodi saya harus beli supaya saya dapat harga lebih murah?

    BalasHapus