Sabtu, 05 November 2011

Workshop Batik @ Bandung


Batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Nah, untuk lebih mencintai batik yuk ikut belajar membatik.

Di Bandung kebetulan ada dua sanggar batik yang siap memberikan ilmunya kepada Anda untuk belajar membuat batik. Yakni Batik Hasan dan Batik Komar, kedua lokasi belajar membatik ini cukup berdekatan. Batik Hasan berada di Jalan Cigadung Raya Timur Nomor 136 sementara Batik Komar di Jalan Cigadung raya Timur 1 Nomor 1.

Belajar membatik disini bisa dilakukan dalam beberapa paket, mulai paket satu hari hingga paket 10 hari. Memang tidak akan langsung menjadi mahir membuat batik, karena proses membatik merupakan proses yang panjang. Namun paling tidak kita dapat mengetahui bahwa membatik dapat menunjukan bahwa masyarakat Indonesia penuh tata krama dan adat istiadat. Proses batik mengajarkan kesabaran, keuletan serta kreatifitas.

Walaupun saat ini di Indonesia penggunaan batik sudah memasyarakat, namun tidak banyak yang mengetahui bagaimana proses batik. Oleh karena itu, Hasan Batik sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam produksi batik mengadakan program workshop batik.

Dalam kegiatan workshop tersebut peserta akan diperkenalkan dengan motif tradisonal dan motif kontemporer terutama pada anak-anak usia dini. Peserta atau pengunjung juga akan diberikan pengetahuan singkat tentang sejarah batik, proses serta perkembangan batik. Ujungnya akan memupuk kecintaan terhadap batik sebagai produk lokal nasional.

Hal yang sama juga dilakukan di Batik Komar. Menurut Tetu, salah satu pengelola Batik Komar, ada beberapa paket belajar membatik yang ditawarkan bagi pengunjung.

Misalnya paket untuk membatik kain sebesar sapu tangan berukuran sebesar sapu tangan (40cm x 40 cm) dalam waktu satu hari saja yakni mulai pukul 08.00 hingga 16.00 setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar 90 ribu.

“Karena hanya satu hari maka batik cap yang dibuat, mencoba membatik dengan tulisan dilakukan hanya untuk memberikan nama pembuatnya saja. Pewarnaannya pun hanya satu warna saja. Kain batik yang dibuat menjadi oleh-oleh,” kata dia.

Tetu menyatakan semua bahan –bahan akan disiapkan oleh Batik Komar, sehingga pengunjung tidak akan repot.

Biasanya, peserta yang datang dari kalangan pelajar dan orang-orang bule atau orang asing dari Jepang dan Malaysia. Ruangan dan pendopo yang luas nampak asri di Batik Komar cukup mampu menampung puluhan orang yang berminat belajar membatik.

Jika Anda ingin menjadi professional, paket 10 hari juga disiapkan. Biaya workshop dikenakan sebesar 3 juta rupiah perorang. Paket ini akan mengarahkan pesertanya menjadi perajin batik pemula dan dilanjutkan dengan proses penjualan karya batiknya.

Pesertanya akan mendapatkan pengetahuan secara detail terkait proses membatik hingga mempraktekannya. Mulai dari proses pembuatan desain dan sketsa , pembuatan lilin (malam) , pewarnaan hingga pemberian sertifikat.

Setelah lulus, mereka akan diarahkan menjadi entepreuner bidang usaha kecil batik dan desain.

“Ada juga orang Jepang yang suaminya bekerja di Indonesia.Dari pada tidak ada pekerjaan, ia tertarik belajar batik, mengambil paket 10 hari,” kata Tetu.

Sementara itu di Batik Hasan kegiatan workshop juga dilakukan sepanjang hari kecuali hari Minggu. Waktunya mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Biaya yang dikenakan tidak jauh berbeda. Misalnya membuat batik hiasan dinding dengan kain ukuran 30cm x 30cm dikenakan biaya 100 ribu perorang. Namun harganya dapat didiskon jika belajar lebih dari lima orang.

Workshop berlangsung selama dua hingga tiga jam dengan waktu yang fleksibel sesuai keinginan pengunjung. Batik hasan juga membuka kursus membatik cap atau batik tulis.

Nah , jika sudah pernah merasakan sulitnya membatik, Anda akan semakin menghargai karya bangsa yang benar-benar asli berasal dari Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar