Minggu, 16 Oktober 2011

Belanja Lukisan di Galeri Lukis Bandung




Bertandang ke Kota Bandung, Anda pasti tidak akan melewatkan sajian khas kulinernya atau lokasi wisata eksotisnya. Tetapi bagi Anda yang sudah bosan karena terlalu sering berkunjung ke kota kembang, masih banyak hal lain selain kuliner yang bisa anda kunjungi.

Cobalah untuk bereksperimen dengan mengunjungi galeri lukisan di kota kembang ini. Meski anda tidak terlalu menggemari seni lukis diatas kanvas, paling tidak dengan melihat karya maestro lukis di beberapa galeri di Kota Bandung, dapat membuat referensi anda bertambah.

Kebanyakan galeri lukis yang ada di Kota Bandung dipilih dilokasi yang jauh dari keramaian, meski tetap lokasinya ada di pusat kota atau jika ada dipinggiran kota, akses jalan mudah dicapai. Kebanyakan galeri milik pribadi atau pelukisnya dan dikonsep senyaman mungkin bagi para pengunjung. Selain menikmati lukisan dan berbelanja lukisan berkualitas, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Kota Bandung dari atas sambil ngopi.

Sebagai contohnya sebuah galeri yang kini lebih dikenal sebagai Museum Barli yang berlokasi di jalan Prof. Dr. Sutami no 91 Bandung. Seperti namanya, museum ini didirikan untuk mendedikasikan nama besar seniman lukis nasional Barli Samitawinata.

Lukisan karya Barli sudah mendunia. Karya-karyanya bahkan tergolong langka sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Museum ini terdiri atas tiga lantai, lantai pertama Rangga Gempol, dimaksudkan untuk mengingat galeri awal yang pernah dibuat di kawasan Jalan Dago Kota Bandung. Karena semakin sempit, maka dipindahkanlah lokasinya ke Jalan Sutami. Di lantai ini menjadi lokasi belajar dan diskusi bagi penggemar lukisan barli dan kongkow para sahabat. JIka anda ingin melihat karya Barli, lokasinya ada di lantai paling atas. Lantai kedua dijadikan sebagai galeri.

Galeri lainnya adalah Galeri Seni Popo Iskandar, yang juga menjadi anak didik dari Barli. Berlokasi di Jalan Setiabudi 268. Karena lokasinya di Setiabudi, jalan yang menjadi salah satu urat nadi wisata Kota Bandung, galeri ini juga sering digunakan sebagai ruang public untuk menggelar karya seni selain lukisan. Dan tentunya disini dipajang banyak lukisan karya Popo Iskandar.

Galeri lukisan yang juga asyik untuk didatangi karena lokasinya yang indah dan pas untuk kongkow adalah Selasar Sunaryo Art Space yang terletak di Bukit Pakar Timur No 100.Lokasinya yang ada diatas bukit membuat udara di galeri ini sangat nyaman bagi anak-anak. Sehingga seringkali banyak rombongan keluarga yang sengaja berkunjung sekedar untuk menikmati suasana sambil menikmati kopi khas di galeri ini.

Selain galeri milik pribadi para pelukisnya, di Kota Bandung juga terdapat galeri yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, yakni Galeri Kita di Jalan RE Martadinata atau lebih dikenal dengan jalan Riau. Atau ada pula Galeri Soemardja, yang dikelola oleh Fakultas Senirupa dan Desain ITB. Disini seringkali diadakan pameran lukisan oleh para alumni ITB, seperti Nandang Gawe yang saat ini menggelar pameran bertema The Ugliness.

Sementara itu ada satu lagi galeri yang memanfaatkan keramaian mal. Galeri Zola Zolu ada di kawasan pusat perbelanjaan Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas.

Menurut pemiliknya Hengkie, galeri ini dibuka karena adanya hobby yang sama dari pemilik mal yakni suka mengoleksi lukisan dari pelukis-pelukis besar. Kebetulan ia yang sudah lama memiliki galeri lukis juga tertarik untuk membuka galeri tersebut di dalam mal.

Alasannya, mal banyak dikunjungi orang, sehingga tidak ada salahnya galeri ini ada, selain berbelanja, pengunjung juga bisa menikmati lukisan.

Sehingga jika bermain di lokasi perbelanjaan ini, bapaknya dapat bersantai menikmati lukisan, sementara ibunya bisa berbelanja dan anaknya dapat bermain di wahana mainan mal ini.

Digaleri ini kebetulan sedang berlangsung pameran pelukis Akhmad Su’udhi yang mengambil tema atau objek anak-anak dalam lukisannya. Harga lukisan yang dijual disini berkisar antara 30 juta hingga 75 juta rupiah.

Zola Zolu sendiri awalnya ada di Jalan Natuna 15 Kota Bandung. Lalu membuka galeri di Cihampelas Walk lantai satu, jalan Cihampelas 160. Selain di Bandung Zola Zolu juga membuka galerinya di City Plaza Jalan Jend. Gatot Subroto 42 Jakarta.

Nah, berkunjung ke Bandung tidak ada salahnya menikmati suasana galeri-galeri lukisnya bukan? Lokasinya yang masih ada di pusat kota, sangat mudah untuk di jangkau. Sehingga setelah penat berbelanja di FO atau kekenyangan menikmati kuliner Bandung, bersantai sejenak di galeri lukisan tersebut, bukan pilihan yang buruk.

2 komentar:

  1. Kepada YTH: Pesona Bandung

    Rupanya dari posting di blog, anda menghargai seni lukis Indonesia seperti saya. Saya sudah tinggal di Jawa Timur lebih dari 30 tahun. Saya mau menjual sebuah lukisan minyak (180cm X 90cm) Pandangan Sawah di Lereng Bukit dilukis oleh DJUARDI dari Jawa Barat.

    Saya merasa karya Bp Djuardi lebih dikenal & dihargai di Bandung. Dimanakah saya bisa mendapat penilaian harga (appraisal) yang tepat untuk lukisan ini.

    Terima kasih atas pertolongan anda.

    Kenneth C. Hinton (kenh@mymailworld.com
    Surabaya

    BalasHapus
  2. banyak galeri di Kota bandung, kalau bekunjung ke bandung, mungkin bisa mampir di Ciwalk saja. ada galeri lukisan besar disana. Lukisan yang dijual harga diatas 50 juta an.

    BalasHapus