Sabtu, 22 Oktober 2011

MAIL ART


Ngumpulin Tandatangan Tokoh Dunia

Ternyata berkirim surat dapat menjadi sebuah kegiatan seni, Mail Art namanya. Seni surat-menyurat seperti ini mungkin hanya sebagian kecil yang menggelutinya. Kegiatan berkirim surat ini menurut pengiatnya masuk dalam kategori seni karena kemudian gambar-gambar orang penting dengan tanda tangan mereka dipamerkan kepada public setelah terkumpul dalam jumlah banyak.

Seperti yang dilakukan oleh Evie dan Toni Antonius, dua penggiat Sanggar Olah Seni Bandung. Ia sudah memiliki foto dan poster tokoh dunia seperti pemain bole legendaries asal Brazil, Pele. Lalu mantan Presiden AS George Bush, bintang band rock and roll asal AS Rolling Stone dll.

Menurut Toni, Mail Art pertama pernah dilakukan ditempat yang sama pada tahun 2009 yang mengambil tema “From The World With Love”. Sementara pameran kali ini yang dibuka sejak 26 September lalu itu mengambil tema “Peace, Journey to The East.” Ada sekitar 300 foto dan poster yang dipamerkan.

Ia dan Evie selama sekitar 10 bulan itu berkirim surat kepada sejumlah tokoh atau artis dunia dengan meminta balasan berupa tanda tangan dan sedikit pernyataan tentang tema pameran, yakni kedamaian.

Alamat surat yang hendak dituju memang agak sulit dicari. Beruntung teknologi internet menjadi jalan keluar ketika kesulitan mendapatkan alamat surat sang tokoh atau artis. Surat dikirim dengan melampirkan foto atau poster sang tokoh bersama dengan amplop yang sudah ditempeli perangko balasan. Perangko balasannya pun menggunakan perangko terbitan PT Pos Indonesia. Meski kemudian seringkali balasan didapat dengan menggunakan perangko negara asing dimana tokoh tersebut tinggal.

Untuk mempermudah berkirim surat, Evie dan Toni menggunakan alamat Kotak Pos 6622, Bandung 40116A yang disewa dari PT POS.

Dan ternyata dengan hanya berkirim surat, para tokoh dunia, meski hanya sekedar foto atau poster dengan tandatangan, dapat bersatu dalam sebuah pameran yang mengambil tema kedamaian di Babakan Siliwangi Kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar